contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Kamis, 08 April 2010

• Tuesday, January 19, 2010, 3:55

Seminggu sudah gempa itu terjadi. Gempa dahsyat mengguncang Haiti, memporak porandakan bangunan dan apapun diatas bumi Port-au-Prince, menghancurkan, membenamkan, menimbun dan membunuh ribuan, puluhan bahkan ratusan jiwa penduduknya. Sungguh bencana dahsyat, bahkan melebihi dahsyatnya tsunami Aceh dan sejumlah negara di Asia selatan tahun 2004 lalu.




Memasuki hari ketujuh pascagempa di Haiti, bantuan makanan dari dunia internasional hingga belum juga tersalurkan dengan baik. Tak hanya itu, situasi keamanan juga tak terkendali. Hal itu ditandai dengan penjarahan dan kekerasan yang terjadi di mana-mana sehingga membuat warga semakin ketakutan. Tingginya minat warga untuk meninggalkan Haiti membuat pasukan pengamanan kedutaan besar bekerja ekstra keras. Warga baru dapat meninggalkan Haiti setelah mendapat persetujuan dari kedubes yang bersangkutan.

Kondisi ini tak ayal membuat aksi penjarahan makin merajalela hampir di seluruh pelosok Kota Port au Prince. Bahkan Kedutaan Besar Amerika Serikat dan Kanada di Ibukota Port-au-Prince dipenuhi warga Haiti. Ratusan warga rela antre berjam-jam demi mendapat visa agar dapat meninggalkan Haiti secepatnya. Kondisi tersebut terjadi karena buruknya penanganan terhadap korban gempa.


70 ribu mayat berhasil ditemukan. Sedangkan menurut perkiraan, gempa berkekuatan 7 skala Richter itu menelan sedikitnya 200 ribu korban jiwa.
 
Badan kemanusiaan Perserikatan Bangsa-bangsa telah mengumumkan gempa ini sebagai bencana terparah yang pernah terjadi karena pemerintahan dan PBB lumpuh. Bahkan gempa ini dikatakan lebih parah dari tsunami 2004 di Aceh dan sejumlah negara di Asia selatan.

Gempa bumi Selasa itu merupakan gempa paling kuat yang mengguncang Haiti dalam lebih dari 200 tahun, yang merobohkan istana presiden serta rumah-rumah perbukitan, dan membuat negara yang berpenduduk sembilan juta orang itu meminta bantuan internasional
.
Untuk anda yang mampu silahkan menyumbang dan membantu mereka yang ada di Haiti. Silahkan anda donasikan disini: YELE HAITI EARTHQUAKE FUND atau ICRC.
Bencana memang tidak dapat diduga, namun dampak dari bencana alam bisa memusnahkan

0

0 komentar:

Posting Komentar

Happy Valentine

Labels

Labels

About Me

Foto saya
Aku anak manja, supel, baek hati, & yang terpenting, selalu mensyukuri hidup.

Followers